Kamis, 11 Juni 2009

Seorang Bocah dan Harimau (Life of Pi)

Sampul buku itu langsung membuat saya tergugah...
Seorang bocah laki-laki berada di dalam sebuah perahu kecil, di tengah samudera luas. Di sisi perahu yang berbentuk bulat itu, tepat di seberangnya, duduk seekor harimau  berukuran 5 kali lipat tubuhnya. Bocah laki-laki dan harimau itu masing-masing mengamati air laut di bawah perahu.
Namun, saya langsung kecewa saat membukan lembar pertama halaman buku itu. Buku itu ditulis dalam bahasa Inggris!
Saya sodorkan buku itu pada pemiliknya, Kak Sarah, sepupu saya. Meminta dia menceritakan isinya.
Buku itu katanya bercerita tentang pengibaratan... sebuah filosofi...
Entahlah saya kurang mengerti. Yang saya tangkap hanyalah bahwa buku itu menceritakan tentang seorang bocah laki-laki yang terperangkap di tengah samudera dalam sebuah perahu kecil bersama seekor harimau Bengali buas yang sangat besar.
Si bocah menyadari akan ada hari-hari yang panjang sebelum perahu itu mendapat pertolongan atau tiba di tepian. Sementara itu harimau yang ada bersamanya dalam perahu itu, tentu lambat laun akan lapar.
Si bocah berpikir bagaimana dapat bertahan, survive!
Dia menemukan satu-satunya cara untuk bertahan....
Sebuah pilihan dari dua kemungkinan....
Ya! Si bocah menemukan satu-satunya cara: Berusaha bagaimana membuat harimau besar dan buas itu lebih merasa terancam dan takut pada dirinya (dari pada perasaannya pada harimau itu....).

2 komentar:

  1. Hai...Narasi yang menarik dan menggugah jiwa...Saya menyukai pilihan kata di setiap cerpen/puisi mu...Mudah2an kita bisa bersahabat..saling berbagi soal narasi indah lainnya.Iyh,,nama blog mu gw banget rasanya.Menyentuh banget..Oke deh...tetap berkarya..ja...!!!

    BalasHapus
  2. Hai....salam kenal yah..!!!Blh minta bantuan mu..ngasih komment soal puisi ma prosa di site aku..!!!Thnx yah..!!!

    BalasHapus